Ide Hebat : Reaktor Biogas Sebagai Peluang Usaha Memajukan Perekonomian Kerakyatan

4/26/2015 01:32:00 AM



Ide Hebat : Reaktor Biogas Sebagai Peluang Usaha Memajukan Perekonomian Kerakyatan


  • Deskripsi Masalah

Kebutuhan akan gas yang semakin meningkat dan energi yang semakin menipis. Membuat warga pendesaan semakin sulit untuk memperoleh bahan bakar gas dan juga dengan kondisi perekonomian yang tidak stabil akan memberatkan mereka di dalam menikmati bahan bakar gas. Sedangkan energi terbarukan yang seharusnya diimplementasikan tidak terlalu banyak menyentuh lapisan bawah khususnya dalam hal gas. Dari hasil fakta lapangan juga, banyaknya sumber energi terbarukan tidak dimanfaatkan dengan baik malah ketidaktahuan masyarakat pendesaan seringkali membuang limbah limbah ( kotoran hewan) ke sungai atau kali yang ada di desa yang  secara langsung dapat mengotori lingkungan dan menganggu ekosistem.Oleh karena itu, Energi Terbarukan seperti biogas adalah jawabannya yang akan memberikan manfaat yang dapat dirasakan dan membantu secara langsung. Dengan sumber yang berlimpah seperti kotoran hewan ( sapi,kerbau, dll)  dapat dikembangkan dengan baik dan diharapkan dapat menguntungkan dan meningkatkan ekonomi warga pendesaan.

  • Gagasan Ide

Dari banyak Sumber daya alam yang berlimpah di nusantara khususnya di kawasan pendesaan yang jarang sekali dimanfaatkan dan diolah dengan baik maka BIOGAS adalah salah satu jawabannya. Ide bisnis ini dinamakan dengan GIAS (Gerakan Peduli Desa Biogas) yang mana diharapkan dapat menggerakkan masyarakat khusunya kaum muda untuk berkontribusi dalam bidang socialenterpreneur yang dapat dijadikan peluang bisnis sekaligus memajukan serta membantu terwujudnya kemakmuran di Indonesia. Dari Hasil analisa yang telah saya dilakukan di sebuah desa (desa gebang) yang terletak di daerah sidoarjo maka solusi yang paling tepat yaitu biogas dengan hewan ( sapi ) yang berlimpah mencapai > 100 ekor sapi dengan kotoran mencapai > 1000 Kg sangat berpotensi untuk dikembangkan biogas menjadi energi yang bisa mendukung kehidupan warga pendesaan. Teknologi biogas yang dapat diproduksi pun cukup besar dengan kapasitas pertama masuk dapat menampung 100 kg < x < 400 kg (x = teknologi biogas) dengan hasil sekitar  atau 2000 L gas. Untuk ide pertama, lebih baik sebuah teknologi biogas di gunakan pada pusat pusat sosial seperti panti asuhan dan beberapa rumah warga dengan kapasitas yang berbeda beda sesuai kebutuhan di desa gebang sidoarjo dan akan direncanakan untuk pengembangan ke desa desa lain yang diharapkan dapat menjadi gerakan nasional yang dipimpin oleh para kaum intelektual muda.



          Diatas adalah gambar ide desain teknologi biogas yang diharapkan dapat di aplikasikan dan menjadi peluangbisnis untuk meningkatkan jiwa jiwa wirausaha sosial khususnya kaum muda. Ide desain di atas dapat menampung 367 Kg kotoran sapi setelah dilakukan perhitungan terkait massa, tekanan, serta volume yang akan dihasilkan. dengan prediksi biaya yang diperlukan sebagai berikut :

 
Biaya yang diperlukan untuk 1 Unit Teknologi Biogas  (kapasitas Rumahan) :
Bahan ( Besi, Plat Besi, Drum, pipa, valve (kran) )
Total : Rp. 2.500.000,-
Pembuatan ( 90% dari harga Bahan )
Total : Rp. 2.250.000,-
Total Biaya Keseluruhan : Rp. 4.750.000,- 
           
Sebagai seorang wirausaha sosial (social enterpreneurhip) ini dalah sebuah ide bisnis yang sangat menjanjikan dikarenakan mudah, tepat dan berkesinambungan khususnya bagi pemberdayaan masyarakat serta model bisnis yang akan memberikan hasil yang optimal namun dengan jangka waktu yang membutuhkan proses yang cukup lama. Dikarenakan bisnis bukan sekedar materi. Bisnis juga dapat diartikan kepuasan dan kebahagian yang mana hasil serta proses tidak selalu harus instan dan cepat. bayangkan saja jika produk dapat digunakan sebagai CSR pada perusahaan perusahaan yang ingin menggunakannya. tidak hanya itu jika produk ini sukses maka secara langsung akan banyak sponsor yang akan membantu pula.  hasil buangan seperti kompos pada biogas juga dapat diperjualbelikan dan menjadi produk unggulan di masa mendatang. sangat menggiurkan bukan ide bisnis ini ?


  • Hasil Yang Diharapkan

Ada beberapa hasil yang ingin digapai dalam ide Hebat ini untuk kedepannya, sebagai berikut:
1.   Dapat membantu perekonomian warga pendesaan secara langsung. 
2.  Dapat mengurangi limbah kotoran sapi yang sering dibuang ke sungai sungai   ( hasil analisa di desa gebang sidoarjo)
3. Dapat mengembangkan dan memajukan energi alternatif sebagai sumber baru yang dapat dimanfaatkan dan berlimpah di desa 
4. Dapat menjadikan biogas sebagai produk massal dan digunakan serta didistribusikan ke desa desa dengan memberikan peluang bisnis bagi pelakunya
5. Ide bisnis GIAS ( gerakan Peduli Desa Biogas) sebuah gerakan yang baru diwacanakan serta dimulai dan semoga dapat dijadikan gerakan massal baik skala lokal hingga nasional oleh masyarakat khususnya para kaum muda 
6.  Melepaskan masyarakat dari ketergantungan energi bahan bakar fosil yang ada.
7. Teknologi biogas kedepannya dapat dikembangkan menjadi portable biogas yang bisa digunakan dengan mudah, murah dan cepat. Dan akan dikembangkan untuk dikonversi ke  biolelektrik kedepannya. Dengan begitu peluang bisnis semakin terbuka lebar dengan Mendapatkan relasi serta kerjasama untuk dari berbagai kalangan baik pemerintah maupun swasta didalam mengaplikasikan teknologi ini. 
 

SAATNYA GERAKAN PEDULI DESA BIOGAS DIMULAI

You Might Also Like

0 comments

jangan lupa komentarnya guys

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe