Domain .id : Kebanggaan Bersama Menggunakan Identitas Bangsa

1/22/2013 08:15:00 AM




Internet sudah menjadi bagian kehidupan umat manusia di dalam menjalani aktifitas sehari hari. Internet pun seperti sebuah alat kemajuan di dalam peradaban manusia meliputi berbagai aspek seperti pendidikan misalnya yang mana dengan mudah untuk dapat mencari sebuah referensi dan jangkauan yang tak terbatas untuk menggali hal hal yang berbau pendidikan di dunia internet dengan pembaharuan ilmu ilmu setiap saatnya. seperti kita ketahui pengguna Internet di Indonesia sangat tinggi mencapai 63 juta orang pada tahun 2012 dan menduduki peringkat ke-3 terbesar di dunia. bukankah itu angka yang sangat besar ? hanya satu kata 'wow'. Namun sudahkan Domain Domain .Id sebagai identitas Bangsa kita mendunia dan Jumlah domainya tinggi ? Sebelum saya menjelaskan tentang domain .id lebih lanjut maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu domain .id itu apa sih ?  Domain yaitu nama yang diberikan untuk mengindetifikasi server komputer seperti web server atau email server di suatu jaringan komputer dan .id merupakan top kode level domain di negara kita Indonesia.

Pada tahun 2012, Domain .id mengalami kenaikan yang cukup signifikan dengan jumlah penggunaan domain sekitar 103.882 domain, seperti yang disebut oleh pengelola nama domain internet indonesia atau yang biasa disingkat PANDI. Patut disyukuri kenaikan yang menginjak sekitar 62,5% ini menjadi semangat baru di dalam menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang memerlukan dan mencintai identitas bangsa. Menurut saya domain .id tidak hanya faktor ‘nasionalisme’ semata tetapi banyak keunggulan yang di dapat dengan menggunnakannya.
·         TAHUKAH ANDA KEUNGGULAN DOMAIN. ID ? 

Menurut apa yang telah penulis pelajari dan menjelajah dunia internet sebagai makanan sehari sehari dapat saya simpulkan beberapa keunggulan dari domain .id , sebagai berikut :

1.   Menduniakan Indonesia di kancah Internasional dengan mengenalkan domain .id sebagai identitas maka dengan mudah dunia akan mencari hal hal yang berhubungan dengan indonesia  hanya berakhiran .id saja di setiap mesin pencarian.
2.     Domain .id hanya dapat di daftarkan oleh warga negara Indonesia atau sebuah badan hukum negara saja. Bukankah ini seperti sebuah “jaminan’ bahwa web yang digunakan berada di Indonesia.
3.      Sistem keamanan yang lebih terproteksi dan terjamin
4.   Bukankah syarat membuat domain .id itu sulit ? siapa bilang ? pendaftar hanya menunjukkan seperti misalnya KTP atau surat ijin usaha perdagangan (SIUP) dan pastinya lebih mudah dikarenakan keberadaannya di Indonesia maka dapat langsung menghubungi pihak pengelola. Namun ada syarat sayart khusus yang lainnya bagi beberapa  nama domain .id yang ingin di ajukan seperti ac.id misalnya.
5.      Mendukung Internet sehat dikarenakan penamaan di dalam sebuah domain. Id tidak boleh menggunakan kata kata yang asusila maupun SARA.
6.     Domain .id memiliki sistem berbayar namun sebanding dengan layanan dan keamanan yang akan diberikan. 
7.      Setiap domain. Id tidak mudah ditiru seperti yang telah saya ungkapkan di atas sebelumnya dikarenakan syarat kepemilikan yang jelas dan tidak sembarangan di dalam prosesnya.




Apakah itu saja keunggulan dari domain .id ? jelas tidak ! masih ada berbagai hal yang akan memberikan manfaat serta  keunggulan yang lainnya lagi namun 7 poin di atas itu seperti sebuah ‘gambaran” betapa  “wow” nya domain .id. penulis dapat mengatakan domain .id seperti sebuah domain yang “bergengsi” dan unik tentunya seperti telah dijelaskan di poin poin d atas. Ketika kita menggunakan domain .id seperti kita sedang mendukung atlet atlet di kejuaraan Olimpiade internasional. Banyak orang beranggapan bahwa domain. Id tidak akan populer di google search misalnya. Perlu diingat, terdapat jutaan website di dunia internet namun apakah yang menggunakan domain .com medapatkan indeks ranking yang baik dan tinggi ? jawabannya belum tentu dikarenakan peringkat mesin pencarian akan kembali pada SEO (search engine organization).  Sebenarnya Jika dilihat dari jumlah pengguna internet yang mencapai 63 juta orang saya kira jumlah domain .id seharusnya dapat lebih tinggi lagi bayangkan saja dengan domain  (.SG) yang dimiliki singapura dengan pengguna internet yang jelas lebih rendah dari Indonesia memiliki jumlah domain yang lebih besar dari Indonesia. 

lalu timbul pertanyaan, "APA YANG SALAH DENGAN DOMAIN .ID ?” jawabannya tidak ada yang salah hanya gerakan seperti ‘cintai domain dalam negeri” harus lebih digalakkan dan birokrasi lebih diperjelas agar masyarakat tidak beranggapan bahwa memiliki domain .id itu sulit  loh. Dan sepertinya pihak pihak yang terkait lebih mempromosikan domain .id di kalangan masyarakat bahkan kementrian kementrian dapat saling bekerja sama di dalam mempromosikan “ 100% Domain .id” yang sama dilakukan terhadap produk maupun budaya indonesia. setelah mengetahui keunggulan yang telah dipaparkan lantas masihkan kita berdiam dengan mengacuhkan "jiwa nasionalis dan keunggulan yang akan di dapat". cara mendaftar domain ini tidak begitu sulit. mari simak secara rinci cara mendaftar domain domain .id. 
·         TAHUKAH ANDA CARA MENDAFTAR DOMAIN.ID ? 

Banyak dari kalangan masyarakat yang mengagap memliki sebuah domain .id sebuah pekerjaan yang sulit dan sebagainya. ternyata memiliki domain .id tidak begitu menyusahkan apa yang seperti kita pikirkan selama ini. domain .id sangat memberikan esktra keamanan yang lebih maka seorang pendaftar sebaiknya mengetahui beberapa kriteria terkait pendaftaran domain .id sebelumnya. kriteria yang dimaksud seperti ada kaitan nama domain antara perusahaan atau organisas pendaftar, tidak menggunakan nama yang mengadung "restricted word/ names", nama yang digunakan tidak melanggar norma kesopanan dan asusila, nama domain berupa alphabet "a-z", "A-Z" dan angka "0-9" dan karakter "-", nama domain maksimum 3 karakter dan maksimal 63 karakter, penamaan nama domain dapat di awali angka/huruf, penggunaan domain .id harus sesuai itikad baik sesuai perundang undangan yang berlaku.. kriteria diatas menunjukkan "security" yang sangat ketat dan pasti menjadikan pendaftar dna pengguna merasa lebih nyamn dan tetap tunduk dengan norma dan perundangan yang berlaku di tengah masyarakat. Bukankah itu sangat luar biasa ?  pendaftar pun terlah mengetahui kriteria yang harus dipenuhi lalu timbul pertanyaan, "apa saja syarat di dalam menggunakan domain domain .id?" syaratnya tidak begitu sulit kok apalagi dengan kemanan dan layanan yang diberikan oleh PANDI sebagai penyedia layanan ini. ada beberapa syarat yang harus dipenuhi setiap pendaftar namun penulis akan menerangkan secara singkat mengenai pensyaratan umumnya terlebih dahulu : 
  1. nama domain harus sesuai kriteria penamaan yang telah di jelaskan pada kriteria pendaftaran    sebelumnya.
  2. nama domain tidak bertentangan dengan HAKI, hak paten/merk
  3. untuk co.id dan net.id jika persyaratan SIUP/TDK , akte NPWP dll dan dalam proses pembuatan perlu adanya surat keterangan dari notaris.
  4. Jika di anggap perlu maka PANDI sebagai penyedia layanan akan meminta klarifikasi dari pendaftar
  5. Masa domain berkisar 1 tahun dan 2 tahun dari masa penggunaan nama domain tersebut.
Domain. Id memiliki berbagai jenis tidak hanya satu ataupun dua dikarenakan penggunaan nya akan membedakan pemakainya. Misalnya untuk ac.id yang digunakan pada instansi instansi pendidikan seperti universitas maupun sekolah sekolah. Jadi dibawah ini akan digambarkan syarat syarat untuk berbagai macam domain .id


   


Mungkin diantara kita akan berfikir “kenapa bisa sulit ya?” atau ada yang berikir “ males lah rada susah ngebuatnya”. Sebenarnya, Itu hanya ada di dalam pikiran anda saja dikarenakan pembuatan nya setelah anda siapkan syarat syaratnya proses nya akan mudah dan tidak sulit kok. Anda warga negara dan memilik KTP maka anda akan dapat membuat domain .id ini. Masih tidak mengerti juga ? PANDI pun membuka call service +62 21 5793 9151 (hunting), +62 82123543871, +62 87878970623 atau melalui faks di  +62 21 5793 9152 atau anda juga dapat menghubungi via emai info@pandi.or.id. Secara berulang penulis akan mengatakan domain .id memiliki jaminan dan keamanan yang sangat berkualiatas dibanding harus menggunakan domain Yang kita anggap “aman” dan ‘gratis” ataupun “mudah” namun keamanan dan privasi akan menjadi taruhannya. tugas membudidayakan suatu "produk lokal" bukan hanya tugas instansi instansi ataupun pemerintah saja. ini dalah tugas kita bersama di dalam menjayakan Indonesia di kancah dunia dengan berbagai tindakan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. banyak hal yang harus dilakukan seluruh elemen masyarakat khususnya pemuda (agent of change) untuk meningkatkan jiwa nasionalis salah satunya dengan penggunaan domain .id sebagai citra dan identitas bangsa di mata dunia. sekali lagi bukan hanya permasalahan "nasionalisme" namun "keunggulan dan fasilitas" dari sebuah domain .id pantas menjadi KEBANGGAAN INDONESIA





TUNJUKKAN NASIONALISME KITA, BANGGAKAN IDENTITAS BANGSA PADA DUNIA.

SIAPA LAGI SELAIN KITA
            

You Might Also Like

7 comments

  1. wah gan mantap banget tulisannya. ane juag make domain .id kok :D cinta produk indonesia hahahaa

    ReplyDelete
  2. sumpah gan ane baru tahu tentang domain .id itu sekarang lol :D thanks gan atas informasinya

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus sekali mas. kebanggaan dan nasionalisme harus ditumbuh kembangkan di dalam sosial masyarakat

    ReplyDelete
  4. sukses mas umam. tulisannya bagus banget untuk menjadi bangsa yang besar maka kita harus cintai produk produk lokal ya mas ? termasuk dunia maya hahahah ^_^

    ReplyDelete
  5. @ahyar : sip gan thx dah mampir ! budayakan pemakaian domain.id gan jgn lp bagi2 info ya gan tentang domain. id nya kalo ada yg kurang :-)

    @supri : ahhahahah banyak gan referensi nya di mba google langsung ke TKP aja gan klo mw lebih tahu : www.pandi.or.id :D

    ReplyDelete
  6. @cut thc dha mampir cut :-) smoga bermanfaat ya ^^

    @pram : PASTI DUNK 100% INDONESIA :-) rada lebey hahahah

    ReplyDelete
  7. tulisannya menarik ne gan :D good lcuk ya

    ReplyDelete

jangan lupa komentarnya guys

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe