Rasakan Sensasi Kuliner Kota Banda Aceh

4/13/2014 01:25:00 PM


Rasakan Sensasi Kuliner Kota Banda Aceh, Anda Berani ?

“Kuliner identitas yang tidak terpisahkan dari tradisi dan budaya sebuah bangsa




Do You Know Acehnese Culinary ? 

            Semakin hari Industri pariwisataBanda aceh semakin menjanjikan dengan berbagai innovasi, integritas serta konsistensi di dalam perjuangan memajukan wisata Kota Banda Aceh. Hampir setiap waktu dalam sehari wisatawan silih berganti mengunjungi kota serambi mekkah ini baik wisatawan lokal, domestik maupun manacanegara dapat dijumpai disini. Banda Aceh menjadi jantung dari provinsi Aceh yang memiliki beragam wajah wisata seperti bahari, religi, heritage, alam, budaya dan tidak lupa pula wisata yang selalu tertera di dalam catatan seorang traveler yaitu wisata kuliner. 

            Bagi masyarakat luar aceh khususnya yang berada di luar pulau Sumatra mungkin sebagian besar masih belum  mengetahui informasi secara detail mengenai kuliner khas aceh khususnya kuliner khas sang ibukota yang menawan Banda Aceh. Kuliner dan Masyarakat Aceh bagaikan pinang yang dibelah dua yang selalu menjadi salah satu identitas kearifan lokal dan sosial budaya yang dijaga dan dilestarikan dengan baik. Tentunya bagi anda yang telah membuat “catatan perjalanan” wisata ke Banda aceh tidak lengkap rasanya jika wisata yang satu ini harus dilewati. Bagi anda penikmat kuliner sejati maka saya ucapkan “Congratulation And Welcome To Paradise” dikarenakan anda telah berhasil menemukan harta karun kuliner dengan sejuta ragam, rasa dan kenikmatan di dalam perjalanan waktu anda. 

Lets Feel The CRAZY Sensation !

            Beberapa kuliner yang akan saya review merupakan pengalaman saya pribadi  ketika berkunjung ke Banda Aceh dan sebagian lagi merupakan referensi teman serta berbagai informasi yang penulis dapatkan dan kamu harus tahu hanya ungkapan ini yang dapat menggambarkan pengalaman penulis mengenai kuliner Kota Banda Aceh “its crazy taste sensation”. Terdapat banyak tempat tempat wisata kuliner yang terkenal serta favorit di kota ujung barat Indonesia ini dari warung biasa hingga restaurant dari harga mahasiwa hingga kantoran dengan berbagai kenanekaragaman menunya sebut saja mie aceh, martabak aceh, roti canai, ayam tangkap, gule kambing, kuah pliek U, Eungket keumamah (ikan kayu) hingga menikmati sensasi kopi Aceh yang telah mendunia. Tidak hanya itu saja terdapat aneka kue khas dan oleh-oleh yang dapat kita cicipi dan bawa pulang pastinya. Dengan beragam rasa kuliner dari pedas hingga manis pokoknya “semuanya ada disini”. Nah, penasaran bukan mengenai kuliner yang menjadi ikon Ibukota Nanggroe Aceh Darussalam ini ? Yuk, simak penjelasan penulis  mengenai beberapa masakan khas ibukota tanah rencong dibawah ini.  

  • ·         Roti Canai Aceh
  •  

            Hari pertama di Banda Aceh saya menyempatkan datang ke salah satu tempat kuliner roti canai yang cukup terkenal dan ramai sekali ketika malam hari di terletak di setui Banda Aceh. Apa yang membuat roti canai Aceh begitu lezat ? jawabanya ada di proses pengolahan Roti canainya terbuat dari Tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dimasak dengan menggunakan mentega. Dan disajikan dengan berbagai macam varian rasa seperti gula pasir, susu, keju, durian, kari ayam, kari kambing maupun kombinasi sesuai selera. Namun bagi anda yang ingin mencuba nya saya sarankan untuk mencoba varian rasa kuah kari yang kaya bumbu yang mana  sensasi aroma dan rasanya dijamin beda dan gak ada di tempat lain. Roti canai sendiri tersedia hampir di seluruh tempat kuliner baik warung kopi, cafe hingga restaurant. Bagi kamu yang mau ngerasain nikmatnya roti canai dapat dengan mudah mendapatkannya di Kota ini. Harga berkisar mulai dari Rp. 7.000 tergantung menu pesanan dan tempatnya.

  • ·         Mie Aceh  

        Siapa yang tidak kenal mie Aceh? Mie yang begitu terkenal di hampir penjuru Indonesia. Dengan citra rasa yang begitu spesial dijamin siapa saja yang memakannya pasti ketagihan. Namun terlintas pertanyaan di benak saya “ bagaimana perbandingan rasa antara mie Aceh yang ada di Aceh dan di luar ? Banyak orang beranggapan Mie Aceh yang berada di luar aceh pasti sudah mewakili struktur, pengolahan dan rasa seperti yang ada di aceh dengan label “Mie Aceh”. Namun alangkah baiknya jika anda mencicipi langsung Mie Aceh yang ada di aceh sendiri “raja di rumahnya” yang dapat dipastikan kualitas dan kuantitasnya terbaik. Mie Aceh sendiri terbuat dari tepung dan berwarna kuning dan sering disebut mie kuning dan diolah tanpa bahan pengawet. Perbedaan ada di bentuknya yang sedikit lebih besar dari mie biasanya. Nah apalagi yang membuatnya begitu spesial ? BUMBU, ya bumbu nya begitu unik dan sangat terasa rempah rempahnya dan tidak mungkin dapat ditemukan di dalam pembuatan mie mie lainnya. 

            Jika anda berkunjung ke Banda Aceh dapat anda temukan hampir di seluruh tempat tempat kuliner baik warung kopi, cafe, restaurant dan sebagainya. Jangan heran jika anda hanya melihat “mie goreng atau mie rebus” karena anda berada di Aceh sudah pasti tidak perlu menambah label “Mie Aceh” biasanya tempat tempat kuliner mengikuti nama pemilik maupun daerah operasinya terdapat beberapa kawasan yang terkenal seperti di daerah setui, kajhu, peunayong dan sebagainya. Mie aceh beranekaragam ada mie goreng . mie rebus, mie basah dengan rasa telur, daging, udang, kepiting, atau seafood semuanya dapat dinikmati secara sensasional dan yummy. menurut pengalaman saya, “Everything has delicious” harga Mie Aceh berkisar dari Rp. 9.000 hingga Rp. 30.000 bahkan dapat lebih mahal tergantung pesanannya dan tempatnya juga. Harga yang sangat bersahabat dan masih dapat dijangkau oleh seorang mahasiswa pecinta wisata seperti saya. Bagi anda penikmat masakan satu ini Lets come to Banda Aceh.


chef will meyrick rasain mie Aceh langsung di Banda Aceh, penasaran sensasinya kan?
 
  • ·         Gulai Kambing
  •  
            Anda penggila Kambing ? mau sesuatu yang baru ? datang ke banda Aceh dan temukan jawabannya disini. Gulai Kambing sangat digemari di kota ini Baik wisatawan lokal , domestik dan mancanegara  akan memburunya. Gulai kambing aceh terbuat dari Bumbu rahasia ala Acehnese dimasak menggunakan kuali besi yang besar. Soal rasa ? tidak diragukan benar benar maknyus jos. Saya datang ke salah satu tempat yang cukup popular untuk berburu kuliner satu ini di kawasan tgk. Chik ditiro walaupun  terletak dekat jalanan namun tetap rasa dan aroma nya akan membuat kita betah dan tidak sabar untuk menunggu pesanan datang. Anda tidak perlu menunggu lama karena pesanan akan segera datang hanya beberapa  sangat cocok bagi kantong saya dan  cukup terjangkau. 


seorang chef will meyrick saja menyukainya , anda ingin mencobanya ? 

  • ·         Gule Pliek U
  •  
Bagi anda orang luar aceh pasti bertanya Tanya apa itu pliek U? nama nya sangat asing dan tidak bakal anda dapatkan di kamus besar bahasa Indonesia pastinya. “U” dalam bahasa aceh berarti Kelapa dan Gule Pliek U sendiri yaitu kuah yang terbuat dari kelapa yang sudah di fermentasi. Gule pliek u dimasak dengan bumbu rahasia dengan cara pengolahan ala Acehnese dengan campuran sayuran segar seperti kacang panjang, buah melinjo, papaya muda, buang nangka, kelapa yang diambil santanya dan sebagainya. Gulee plike U sangat nikmat dinikmati dengan ikan asin, sambal lado dan aneka hidangan lainnya dan dipastikan akan membuat kamu makan dengan lahap. Gule pliek U dapat anda jumpai hampir di seluruh rumah makan yang terdapat di Banda Aceh. Namun terdapat tempat tempat yang terkenal seperti di daerah simpang jambo tape, teuku umar, setui, lambaro, lamnyongdan sebagainya. Harga per porsi sekitar Rp. 8.000 sesuai pesanan dan tempat pastinya. 

  • ·      Martabak Aceh
         
Martabak aceh terbuat dari roti canai yang dibaluti telur yang dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti cabai, bawang, dsb dan juga irisan daging. Anda juga dapat memilih varian telurnya telur ayam atau telur bebek. Martabak aceh sangat mudah dijumpai di kota Banda Aceh sama halnya seperti roti canai maupun mie aceh. Martabak Aceh biasanya akan ditaburi dengan acar (bawang, timur, cabe rawit) di atasnya. Harga yang ditawari pun sangat terjangkau harga per porsi mulai dari Rp. 9000 sesuai menu varian yang anda inginkan dan tempat makannya juga. Tapi secara keseluruhan harga martabak sama halnya seperti kuliner lainnya di Banda Aceh relatif dapat dijangkau oleh wisatawan. 
  • ·     Ayam Tangkap
           
Apa yang menarik saya untuk mencoba makanan ini ? saya tertarik dikarenakan ayam tangkap seakan akan menjadi “trending topic” kuliner baru di aceh. Ayam Tangkap sudah mulai terkenal diluar aceh dan banyak orang termasuk artis maupun pejabat nasional singgah untuk mencobanya dan sering diliput media. Proses pengolahan Masakan ini  sangat unik dan menarik. Ayam yang telah dipotong kecil terlebih dahulu dan diberikan bumbu kemudian akan digoreng secara bersamaan dengan rempah rempah yang sudah pasti beraroma khas. Kemudian disajikan bersamaan daun kering (daun temurui) dan caba kering yang telah di goreng. Untuk rasa bisa dikatakan sama dengan ayam goreng pada umunya namun dikarenakan dicampur dengan rempah rempah saat menggorengnya ayam ini sangat harum dan di makan bersama daun kering dan cabai kering pun membuatnya memiliki citra rasa yang berbeda dan wajib untuk diburu. harga per porsi mulai dari Rp. 40.000 yang dapat dimakan untuk berdua dikarenakan ketika saya membelinya porsi nya cukup banyak. Makanan ini dapat dijumpai di rumah makan namun ada tempat terkenal salah satunya yang terletak di Jalan Raya Banda Aceh. 
 Jalan Jalan Men aja singgah ke Banda Aceh dan mencoba Ayam Tangkap, are you ready?

  • ·         Eungket Kemamah (Ikan Kayu)
           
Eungket keumamah dalam bahasa Indonesia berarti ikan kemamah atau orang juga menyebutnya sebagai ikan kayu karena bentuknya yang mirip dengan kayu. Lantas kita akan bertanya bagaimana bentuk ikan kayu itu ? apa ikan yang mirip kayu di lautan ? tentu tidak ! ikan kayu berasal dari ikan tongkol yang direbus lalu di keringkan dan dipotong kecil kecil atau sesuai ukuran yang diinginkan.Biasanya mengolahnyanya menggunakan  asam sunti (salah satu bumbu khas aceh) Masakan khas ini Cuma dapat ditemui di Aceh atau warung makan aceh yang menyediakannya. Masakan khas ini mudah ditemui di warung warung makan seperti daerah jalan ratu safiatudin, dekat masjid baiturrahman dan hampir seua warung makan menyediakannya kok. Tidak hanya di warung makan namun di toko oleh oleh pun saya sempat membelinya dibandrol dengan harga Rp. 20.000 per kemasannya. Menurut pengalaman saya, rasa dan paduan bumbunya saya tidak pernah mendapatkan di tempat lain. Bayangkan saja ikannya sedikit keras namun sedikit lembut dengan Rasanya yang sungguh nano nano pedas, asam, sedikit manis walaupun dominan pedas dan asam menjadikan masakan ini begitu menarik. bagaimana bisa mereka mengolah masakan selezat ini ? hanya satu kata menggambarkan rasanya AJIB. saya yakin sekali anda mencobanya akan ketagihan untuk mencoba dan mencicipinya di lain waktu. 

Ikan Kayu menggoyah lidah siapa saja yang mencobanya, anda berani coba?
  • ·         Kopi Aceh
  •  
            Bagi penikmat kopi tak diragukan lagi bahwa “kopi aceh” salah satu aset kopi terbaik yang dimiliki Indonesia di mata dunia. Mengapa tidak ? kedahsyatan kopi Aceh ini sudah melegenda dan sudah sangat terkenal tidak hanya di dalam negeri namun bagi pecinta kopi di seluruh dunia. Anda akan “sangat sangat mudah” untuk mendapatkan kuliner khas ini. Ketika anda menginjakkan kaki di tanah serambi mekkah di situ pula anda siap melihat tradisi rakyat aceh. Apa yang saya lihat warung kopi dan rakyat aceh seperti sebuah “adat” di dalam menjalankan rutinitas sehari hari. Kota bogor dengan seribu angkotnya lain halnya dengan kota Banda Aceh dengan seribu warung kopinya. Sepanjang mata memandang anda akan melihat warung kopi berjajar dan orang orang  yang asik mengobrol. Ini adalah salah satu ciri khas masyarakat aceh “kopi dan berbincang”. Kopi solong dan ulee kareeng yang berasal dari Banda aceh memiliki rasa dan aroma yang begitu khas dan tidak akan dapat ditemukan di tempat lain jadi tidak salah jika semua orang memburunya. Apa yang membuatnya begitu spesial ? selain kualitas kopi namun proses pembuatan kopi nya sangat unik seperti cara menyaring seorang barista ( tukang saringnya)  hingga menyajikannya kedalam gelas dengan menggunakan kain yang mirip dengan kaos kaki. 

            Kopi solong dan ulee kareng sangat mudah anda temui dengan harganya yang terjangkau yang di bandrol dari Rp. 5.000 untuk ukuran gelas kecil hingga Rp. 10.000 untuk ukuran gelas besar biasanya harga kopi solong relatif lebih mahal. Sekali meminum kopi Aceh dijamin anda akan mendapatkan sensasi yang luar biasa yang akan Anda rindukan seumur hidup Apa yang membuat saya terkagum kagum disini adalah Hanya di Aceh khususnya Banda Aceh warung kopi sepertinya harus berlomba demi sebuah kualitas dan kuantitas jadi jangan heran jika anda melihat warung kopi bak restaurant atau warung kopi yang biasa saja memiliki akses WIFI dimana saja. Anda juga dapat membeli kopi Aceh untuk oleh oleh harganya juga beragam tergantung kualitas seperti Arabica super hingga bubuk kopi kasar robusta yang pasti harganya juga berbeda berkisar Rp. 7.000 per 100 gram termurah dan sekitar Rp. 40.000 per 300 gram untuk kualitas terbaik. 

  
Kopi yang selalu diburu oleh penikmat kopi sejati , apakah kamu selanjutnya ?
  • ·         Aneka Kue dan oleh oleh khas Aceh
          
  Aceh juga terkenal dengan kue kue tradisionalnya yang sangat lezat. Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa mencicipi kue tradisional dan membeli oleh oleh kuliner khas daerah tersebut. Terdapat kue kue tradisional yang dapat anda temui di Kota Banda Aceh seperti Timphan, kekarah, kue bhoi, kue ade hingga dendeng khas Aceh dan sebagainya. Kue timphan berbentuk pipih dan dibungkus dengan daun pisang dan tergolong kue basah. Rasanya pun manis dan memiliki beberapa varian rasa seperti kelapa, asoe kaya (srikaya), nangka sangat cocok dijadikan teman kopi maupun teh. Menurut cerita, kue ini tidak tahan lama namun dapat disiasati seperti membakarnya dan saya termasuk yang lebih menyukainya setelah dibakar. Kedua ada kue bhoi sebenarnya kue ini adalah kue bolu namun dibuat dengan beragam bentuk seperti ikan, bintang, bunga dan sebagainya. Kue ini sangat cocok anda bawa pulang dan bersantai bersama keluarga. Nah ini adalah salah satu kesukaan saya kue adee sebenarnya kue sejenis kue bingkang namun saya melihat bawang bawang hitam diatasnya yang memiliki aroma khas dan citra rasa manis yang khas.  Nah yang ini adalah favorit saya dan anda wajib mencoba dendeng Aceh yang biasanya terbuat dari daging sapi maupun daging rusa yang diiris lalu dikeringkan dan dicampur dengan rempah dan bumbu tradisional Terdapat beberapa varian rasa seperti pedas, manis maupun rasa kari harga yang dibandrol berkisar Rp. 200.000 per kemasan. Masih banyak aneka oleh oleh kuliner yang dapat anda temui di Banda Aceh dengan citra rasa yang khas. Anda dapat menjumpai beberapa toko oleh oleh di daerah peunayong maupun jalan cut nyak dhien dan daerah lainnya. 


#FAKTA UNIK
ü  - Setiap tahunnya akan diadakan kopi dan food festival oleh dinas Kebudayaan  danpariwisata kota Banda Aceh
ü  - Tidak hanya itu saja banyak acara yang akan di selenggarakan di Kota Banda Aceh seperti Banda Aceh Expo, Pemilihan putroe Bungoeng, Festival musik Se- Aceh, festival Peunayong dan sebagainya.
ü  - Roti canai Aceh mirip roti yang ada di India dan Malaysia.
- - Ayam tangkap juga disebut sebagai ayam “sampah”dikarenakan disajikan dengan beragam daun kering yang menutupi ayam.  
 -  Ayam tangkap juga ada yang langsung ditangkap ayamnya di tempat sebelum dimasak
ü - Warung kopi di Aceh khususnya Banda Aceh hampir seluruhnya menganut sistem “WIFI” yaitu menggunakan WIFI sebagai fasilitas penunjang.
ü  - Dan masih banyak hal hal unik mengenai kota Banda Aceh
 


JADI TUNGGU APALAGI SEMUA KEUNIKAN KULINER TERSEDIA DISINI. TIDAK PERLU PIKIR PANJANG ACEH SUDAH AMAN DAN NYAMAN HANYA CUKUP “NIAT, USAHA, DAN BERANGKAT” SEMUA KULINER YANG MEMILIKI CITRA RASA YANG KHAS DAN TIADA DUANYA LANGSUNG DAPAT ANDA NIKMATI.

ANDA BERANI ? LETS VISIT BANDA ACEH 

sumber gambar : 
http://www.bandaacehkota.go.id/
http://www.bandaacehtourism.com/
dinas kebudayaan dan pariwisata Aceh

sumber video : 
https://www.youtube.com/watch?v=iRFMTesS0ps
https://www.youtube.com/watch?v=Mg1mEMKqn6o 
https://www.youtube.com/watch?v=M2vPqjPgGvs
https://www.youtube.com/watch?v=l7IYZRpZCjs
https://www.youtube.com/watch?v=9igfC9qz6T8
https://www.youtube.com/watch?v=Ge7ETTsyqHA    

You Might Also Like

23 comments

  1. jadi ngiler mas malam malam gini di posting yang beginian -,- dan sukses mas tulisannya bagus dan kreatif.

    ReplyDelete
  2. thanks dek udah di komen :)) maaf maaf lagian adeknya juga kenapa gak tidur. sip thx sekali lagi aamiin ..

    ReplyDelete
  3. sepertinya enak enak makanan aceh ya. mba pernah makan di salah satu tempat di jogja tapi kata temen mba rasanya memang berbeda kalau kita coba langsung ke aceh. semoga suatu hari mba bisa kesana deh. atau umam mau ajak mba pulang kampung nya ? hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba udah di baca artikelnya. ada beberapa rumah makan mba klo di jogja dan emank agak beda sih ama aslinya tapi ya kalo lg di jogja bisa rekomened jg kok. sip mba ntr ya di ajakin hehehe

      Delete
  4. tulisannya kreatif gan. ane pernah lihat juga di jalan jalan men njir pengen nyobain juga tuh ayam tangkap nya. si jebrew enak banget hidupnya -_- hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi agan udah mampir ke lapak ane :D
      si jebrew aja berani ke aceh dan terlihat sangat aman dan nyaman ayook gan dateng aja kalo ada kesempatan ya

      Delete
  5. Wow lengkap sekali ... tulisannya bikin makin penasaran dengan Band Aceh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi udah mampir .. banda aceh emank kudu di datengi biar gak bikin penasarn lagi hehehe

      Delete
  6. tulisannya inspiratif mas. terimakasih atas tulisannya semoga saya bisa masak gule kambing nya

    ReplyDelete
  7. jadi rasa mie aceh itu berbeda ya dengan yang ada di aceh padahal yang bandung udah enak banget gimana yang di aceh nya ya ? penasarannya ne gan. thank u for your inform to us.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pasti jelas bedanya wong aslinya dari aceh ehehe :D sama2 semoga bermanfaat ya mas jgn lp di dshare jg gan hehehe

      Delete
  8. terimakasih infonya bang umam :P jadi lebih tahu banyak tentang kuliner nusantara nih

    ReplyDelete
  9. wah, tulisanya bagus gan, jadi makin tahun makan khas aceh nih, ya semoga aja agan bisa kirim ke kos ane hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi agan udha mampir. iya gan tenang ntar ane bawain deh ahhahaha doain ya :))

      Delete
  10. menarik... saya suka...
    singgah juga ke bloq akuh ya,,, http://bloqwist.blogspot.com/2014/04/kandang-xii-pusara-darah-biru.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi udah singgah gan :D sip gan ane meluncur hehehe

      Delete
  11. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi gan udha mampir. sip inshaallah meluncur ne :))

      Delete
  12. hawa teuh ta ngieng makanan ie wateuh :3

    ReplyDelete
  13. engkot masen nyan mangat sang, jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    ReplyDelete
  14. mantap jangan lupa mampir ke sini juga ya?http://informasi-syarif.blogspot.com/2014/03/hutan-kota-icon-paru-paru-serambi-mekkah.html

    ReplyDelete

jangan lupa komentarnya guys

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe