Judul TA ane : PERANGKAT SISTEM TELEMETRI PENGUKURAN SUHU MENGGUNAKAN PHASE SHIFT KEYING (PSK) BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535

11/27/2013 09:56:00 PM


PERANGKAT SISTEM TELEMETRI PENGUKURAN SUHU MENGGUNAKAN PHASE SHIFT KEYING (PSK) BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535

Telemetri adalah proses pengukuran parameter suatu obyek (benda, ruang, kondisi alam), yang hasil pengukurannya di kirimkan ke tempat lain melalui proses pengiriman data baik dengan menggunakan kabel maupun tanpa menggunakan kabel (wireless). Dalam tugas akhir ini, akan dirancang Perangkat sistem telemetri pengukuran suhu menggunakan Phase Shift Keying (PSK). Dengan menggunakan sistem telemetri diharapkan memberikan kemudahan bagi manusia dalam sistem monitoring suhu dan peringatan. dimana monitoring dilakukan di tempat perangkat berada.
Perangkat telemetri terdiri dari hardware dan software, Pada perangkat pengirim terdapat sensor suhu LM35 yang terintergrasi dengan mikrokontroller ATmega 8535 kemudian ditransmisikan dengan menggunakan perangkat XBEE Zigbee. Setelah transmisi berhasil, dibagian penerima akan diterima oleh perangkat XBEE Zigbee yang terhubung dengan PC. Dan PC pun akan menampilkan kondisi suhu yang terdeteksi pada user interface serta mengaktifkan buzzer jika suhu di batas berbahaya.
Pengujian sistem dilakukan mulai dari blok catu daya, sensor suhu, buzzer, mikrokontroler, RF modul, dan aplikasi pada PC. waktu datangnya data kedua setelah data pertama diterima adalah sebesar 2.12 detik, dengan jeda antara pengiriman data adalah sebesar 2 detik sehingga delay dari pengiriman data suhu adalah 0.12 detik pada kondisi tersebut. Faktor kegagalan yang terjadi dari 60 pengiriman data suhu adalah 1,6 % dengan jarak maksimum 27 m.

Kata kunci : Telemtetri, XBEE Zigbee, Phase Shift Keying (PSK\

You Might Also Like

2 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mas sayed, boleh share gimana caranya ngirim data sensor dari mikro menggunakan xbee ke PC?

    ReplyDelete

jangan lupa komentarnya guys

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe